Sejarah


Islamic Girls Boarding School Darul Marhamah (IGBS DM) adalah sekolah berasrama khusus putri tingkat Tsanawiyah dan Aliyah yang didirikan oleh (Alm) Hj. Ummi Faridah Afiff sejak tahun 1994. IGBS DM terletak di lingkungan persawahan sentra beras Cileungsi.


MENGENANG SOSOK PEJUANG WANITA AL-IRSYAD

Lahir di Cirebon 18 Januari 1933, Faridah Afiff kecil berada pada lingkungan Islami yang kelak mempengaruhi jalan hidupnya. Menginjak Usia 25 Tahun, wanita yang biasa dipanggil ummi ini mulai menunjukkan kegigihannya sebagai pejuang wanita Muslimah.

Pada usia tersebut,ummi telah tercatat banyak mengikuti berbagai pelatihan yang dilakukan oleh Masyumi, di partai Islam ini Ummi Faridah muda banyak berinteraksi dengan Mohammad Natsir yang dikemudian hari banyak membentuk cara berfikirnya.

Menikah dengan Abdul Kadir Afiff yang merupakan seorang pengusaha sukses semakin memperbesar kontribusi Ummi Faridah Afiff dalam dakwah Islam.

Semakin dewasa, ummi Faridah Afiff semakin berkecimpung dalam garakan dakwah Islam Al Irsyad Al Islamiyah. Pada tahun 1966 hingga 1985 ummi faridah afiff tercatat sebagai bendahara pusat Al Irsyad Al Islamiyyah, sekaligus sebagai salah seorang pendiri Yayasan Wanita Al Irsyad Al Islamiyyah.

Amanahnya semakin besar ketika memasuki tahun 1973 hingga 1988 dimana Ummi Faridah Afif ditunjuk menjadi anggota presidium Badan Musyawarah Organisasi Islam Wanita Indonesia (BMOIWI). Ditingkat internasional Ummi Faridah Afiff juga pernah bergabung dengan Women Internasional Club (WIC).

Memasuki usia 60 Tahun muncul gejolak jiwa dalam diri Ummi Faridah Afiff menyaksikan kemerosotan moral dikalangan wanita muslimah.

Persoalan ini juga mempengaruhi pola kaderisasi ormas-ormas Islam, termasuk Al Irsyad Al Islamiyyah, sebuah organisasi yang didirikan Syaikh Ahmad Surkati, dimana Ummi aktif didalamnya, ormas besar ini mengalami kesulitan mencari anggota/kader dari kaum wanita yang cerdas dalam ilmu umum serta memiliki pemahaman agama yang baik.

Untuk mencetak generasi muslimah unggul yang Cerdas, Kreatif dan Mandiri berdasarkan Quran dan Sunnah, Ummi Faridah Afiff bersama kawan-kawan dari yayasan wanita Al Irsyad Al Islamiyyah menginisiasi berdirinya pesantren khusus Putri yang diberi nama Islamic Girls Boarding School (IGBS) Darul Marhamah Al Irsyad Al Islamiyyah, di Cileungi Bogor pada tahun 1994.

Didirikan diatas tanah wakaf seluas 11.000 meter persegi, Darul Marhamah memulai kontribusinya mencetak generasi muslimah dengan membuka jenjang Madrasah Aliyah (SMA). Jumlah santri angkatan pertama sebanyak 20 orang untuk tingkat aliyah (MA) atau setingat SLTA.

Tahun 2003 dibukalah program penerimaan siswa untuk tigkat tsanawiyah (MTs), santriwatinya yang belajar di Darul Marhamah, kala itu mencapai 250 orang santrwati, dengan 30 orang pengajar.

Prestasi demi prestasi terus diraih oleh Darul Marhamah, hingga pada tahun 2007 Darul Marhamah menjadi proyek percontohan (pilot project) Departemen Agama, untuk pengembangan madrasah bertaraf internasional.

Menteri Agama saat itu, K.H. Maftuh Basyuni dalam kunjungannya ke Darul Marhamah, menaruh harapan besar pada Madrasah agar dapat unggul diberbagai bidang, tidak hanya dalam pelajaran-pelajaran Dieniyah.

Berkat support besar dari Kementrian Agama, Darul Marhamah didanai oleh Islamic Development Bank mengembangkan gedung laboratorium dan workshop untuk Program Penguatan Sains dan Teknologi (Science and Technology Equity Program/STEP 2).

Seiring berjalannya waktu, Alumni Darul Marhamah kini telah tersebar dibanyak universitas-universitas bergengsi dalam dan luar negeri seperti UI, ITB, UGM, UNDIP, UNJ serta beberapa kampus di Luar Negeri.

watawa saubil haq, watawa saubil marhamah

img

Pondok Pesantren Putri - IGBS Darul Marhamah

watawa saubil haq, watawa saubil marhamah

img

Pondok Pesantren Putri - IGBS Darul Marhamah

watawa saubil haq, watawa saubil marhamah

img

Pondok Pesantren Putri - IGBS Darul Marhamah