AKIL BALIGH DAN TANTANGAN PENDIDIK

img

Berapa usia akil Baligh dalam Islam? Ada sebuah dalil yg bisa menjadi acuan kita sebagaimana dikisahkan oleh Ibnu Umar :

”Rasulullah shallallaahu ’alaihi wa sallam menunjukku untuk ikut serta dalam perang Uhud, yang ketika itu usiaku empat belas tahun. Namun beliau tidak memperbolehkan aku. Dan kemudian beliau menunjukku kembali dalam perang Khandaq, yang ketika itu usiaku telah mencapai lima belas tahun. Beliau pun memperbolehkanku”. Nafi' (perowi hadits ini) berkata : "Aku menghadap Umar bin Abdul Aziz, pada saat itu beliau menjabat sebagai kholifah, lalu aku menceritakan hadits ini, lalu beliau (Umar bin Abdul Aziz) berkata : "Sesungguhnya ini adalah batas antara orang yang masih kecil dan sudah dewasa". (Shohih Bukhori, no.2664 dan Shohih Muslim, no.1868)

Imam Nawawi menjelaskan,hadits ini merupakan dalil bahwa batasan baligh adalah umur 15 tahun, dan ini adalah pendapat madzhab Syafi'i, Imam Al-Auza'i, Imam Ibnu Wahab, Imam Ahmad dan yang lainnya. Mereka menjelaskan bahwa dengan sempurnanya umur 15 tahun seseorang sudah dihukumi mukallaf meskipun belum pernah mimpi basah, maka hukum-hukum menyangkut kewajiban ibadah dan lainnya mulai diberlakukan baginya.

Berdasarkan dalil di atas seseorang disebut akil baligh pada usia 15 tahun. Kalau di negeri kita, 15 tahun ya usia anak SMP kelas 8 atau 9. Pertanyaannya, apakah pada usia itu mereka sudah baligh? jawabannya agak ngeri.

Banyak anak-anak sudah baligh secara fisik sebelum usia 13 tahun. Artinya ; secara fisik mereka sudah matang. Bisa membuahi dan di buahi tapi akalnya belum matang. Saya coba diskusi pada beberapa kawan psikolog dan dokter. Ternyata haid atau mimpi di usia yang masih sangat dini dipengaruhi oleh banyak hal. Diantaranya ; makanan, lingkungan, tontontan.

Yuu, para pendidik jangan jadikan mereka botol yang kita hendak kota isi dengan air sebab itu bukan jiwa pendidikan. Jiwa pendidikan adalah menyentuh hati dan fitrah mereka agar mengenal Allah dan memahami tujuan ia dicipta.

Fahmi Irhamsyah
guru IGBS Darul Marhamah



SOCIAL SHARE :

watawa saubil haq, watawa saubil marhamah

img

Pondok Pesantren Putri - IGBS Darul Marhamah

watawa saubil haq, watawa saubil marhamah

img

Pondok Pesantren Putri - IGBS Darul Marhamah

watawa saubil haq, watawa saubil marhamah

img

Pondok Pesantren Putri - IGBS Darul Marhamah